Masalah Harun Masiku, PDIP Ogah Tanggungjawab

299 views
logo PDIP

JAKARTA- DPP PDI Perjuangan lepas bola panas terkait adanya dugaan penyuapan yang dilakukan kadernya Harun Masiku terhadap Komisioner KPU Wahyu Setiawan yang tengah disidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto menegaskan bahwa partainya tidak bertanggungjawab atas kelakuan Harun Masiku yang terbelit kasus dugaan suap pergantian antar waktu (PAW) anggota DPR RI terpilih 2019-2024 itu.

“Jadi persoalan PAW yang kemudian ada pihak-pihak yang kemudian melakukan negosiasi itu di luar tanggung jawab PDIP,” kata Hasto di Jakarta Pusat (12/1/20).

Hasto menegaskan, partainya akan memberikan tindakan sesuai dengan instruksi Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan juga peraturan partai.

Namun, jabatannya sebagai Sekjen akan bertanggung jawab terhadap hal tersebut.

Mengenai kasus dugaan suap PAW itu, kata Hasto, tidak ada pihak manapun baik parpol maupun KPU yang bisa menegosiasikan hukum positif itu.

Bahkan, Hasto menyebutkan PDIP telah menjadi sebuah korban dari framing itu.

“Persoalan pergantian antar waktu merupakan hal biasa dilakukan oleh partai, bagian kedaulatan parpol. Dan itu secara rigid diatur oleh UU dan peraturan perundang-undangan,” ucap Hasto.

Ia menambahkan, ketika ada pihak-pihak yang mencoba melakukan komersialisasi atas legalitas PAW yang dilakukan berdasarkan putusan hasil dari uji materi ke MA dan juga fatwa MA, maka pihak yang melakukan komersialisasi menggunakan penyalahgunaan kekuasaan.

“Itu ya seharusnya menjadi fokus mengapa itu terjadi,” jelas Hasto. (ant/dim)

BACA JUGA :   Rumah Dinas Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo Digeledah KPK