Ibu Kota Baru Bajal Dijadikan Pusat Ekonomi Bebas Emisi

219 views

Jakarta- Presiden Joko Widodo (Jokowi) nyatakan bakal membuat pusat ekonomi yang bebas emisi di lokasi ibu kota baru yang ada di Kalimantan Timut pengganti DKI Jakarta.

“Ibu Kota baru ini juga kota bisnis. Tetapi bisnis yang bebas emisi, atau industri yang bebas emisi, yang mempekerjakan orang-orang talenta kelas dunia,” kata Jokowi, dalam Pembukaan Indonesia Instructure Week 2019 dan Indonesia Infrastructure Development Financing 2019, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (6/11/19).

Selain itu, google global talent juga berencana hadir di ibu kota baru untuk menarik diaspora pulang ke Indonesia.

“Itu juga menjadi magnet bagi orang-orang hebat dunia untuk menetap di ibu kota pengganti DKI Jakarta,” ucap Jokowi.

Ia menegaskan hal tersebut bisa terjadi jika ibu kota menyediakan lapangan kerja yang berkelas.

Menurutnya, ibu kota baru harus menyediakan suasana dan pelayanan yang berkualitas kelas dunia, antara lain pelayanan pendidikan dan kesehatan. Ia pun meminta semua pihak agar ikut membantu merancang desain kota yang ideal.

Ia ingin ibu kota baru menjadi sehat dan ramah lingkungan serta ramah bagi anak-anak dan lanjut usia. Ia berharap ibu kota baru ini memiliki pelayanan publik yang lengkap dan berkualitas dengan ekonomi dan sumber daya berkelanjutan

“Ini harus kita pikiran dan kita rancang secara baik sejak awal,” tuturnya.

“Kita memang mimpinya memang harus tinggi. Jika Dubai, punya jargon the happiest city on the earth. Ibu kota baru nanti, the best on earth, yang cleanest city, the most innovative city dan the most yang lainnya,” imbuhnya. (cni/dim)

BACA JUGA :   Bambang Irawan Pimpin Golkar Way Kanan