Dies Natalis Itera, Sekdaprov Lampung Berharap Itera Makin Kuat Tegakkan Tri Dharma Perguruan Tinggi

1,059 views

LAMPUNG SELATAN- Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Lampung Fahrizal Darminto, mewakili Pj. Gubernur Lampung Samsudin, menghadiri Acara Dies Natalis ke-10 Institut Teknologi Sumatera (Itera), di Aula Lantai 4 Gedung Kuliah Umum 2 Itera, Lampung Selatan, Selasa (8/10/2024).

Acara Dies Natalis kali ini mengusung tema “Satu Dekade Itera, Unggul Berinovasi Maslahat Untuk Negeri”,

diisi dengan peluncuran Pusat Mitigasi Gempa dan Tsunami Sumatera, Orasi Ilmiah oleh Prof. Phillips Randolph Cummins dari The Australian National University, Australia dan Launching Program Itera Mengabdi dan 1 Data Itera.

Selain itu, Rektor Itera Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha juga menyampaikan pidato bertema “Capaian Satu Dekade Itera”.

Sekdaprov Fahrizal menyampaikan ucapan selamat kepada Itera yang telah berumur sepuluh tahun. “Semoga ke depan semakin berjaya melalui pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui tiga pilar yaitu kuat, maslahat, dan bermartabat.

Insya Alllah akan menjadikan Itera salah satu Center of Excellence Indonesia dari Provinsi Lampung,” ujar Sekdaprov Fahrizal.

Ia menuturkan bahwa sepuluh tahun bukanlah waktu yang singkat. Dalam kurun waktu ini, Itera telah menunjukkan komitmennya untuk menghasilkan generasi unggul yang siap bersaing di kancah nasional dan internasional. 

“Satu dekade adalah awal dari banyak pencapaian yang akan datang, dan Itera memiliki potensi untuk menjadi institusi perguruan tinggi yang unggul dalam menciptakan inovasi yang sangat bermanfaat bagi kemajuan Bangsa dan Negara,” ujarnya.

Melalui Tri Dharma perguruan tinggi, jelas Sekdaprov Fahrizal, Itera telah berkontribusi besar dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat bermanfaat bagi kemajuan pembangunan dan masyarakat.

“Kita semua berharap Itera terus menjadi pusat pengembangan inovasi yang tidak hanya berorientasi pada teori, tetapi juga terapan yang tentunya semua itu berdampak nyata bagi kesejahteraan masyarakat dan kemajuan pembangunan secara Nasional,” jelasnya.

BACA JUGA :   Polres Way Kanan Lamban! Donny Irawan Minta Kapolda Lampung Atensi Kasus Pengeroyokan Ketua SMSI Way Kanan

“Mari kita bersama-sama mendorong dan mendukung setiap inisiatif yang lahir dari kampus ini, agar dapat memberikan manfaat kemaslahatan bagi negeri tercinta khususnya juga untuk Provinsi Lampung,” tambahnya.

Kami juga ingin mengapresiasi

 bahwa keberhasilan Itera selama satu dekade ini tidak lepas dari dukungan semua pihak. “Oleh karena itu, mari kita terus untuk menjalin kerjasama antara institusi pendidikan, pemerintah, dan masyarakat guna menciptakan ekosistem yang kondusif bagi perkembangan pendidikan tinggi di Indonesia,” jelasnya.

Lebih lanjut, Sekdaprov Fahrizal menuturkan Pemerintah Provinsi Lampung berkomitmen untuk mendukung pengembangan pendidikan tinggi di Provinsi Lampung. 

“Alhamdulillah di Provinsi Lampung telah berdiri beberapa Perguruan Tinggi Negeri yang sudah sangat maju dan memiliki prestasi secara Nasional,”

“Selain Itera, kita juga memiliki Universitas Lampung, UIN Raden Intan Lampung, semua itu adalah kebanggaan kita semua. Itu mnjd pilar pembangunan bagi Provinsi Lampung.

Selain itu juga, di Provinsi Lampung kita memiliki Perguruan Tinggi Swasta yang juga telah memiliki prestasi baik nasional maupun internasional, dan semua itu adalah milik kita semua untuk kemajuan Provinsi Lampung untuk Indonesia,” jelas Sekdaprov Fahrizal.

“Kita semua berkeyakinan dan percaya bahwa pendidikan adalah kunci untuk menciptakan masyarakat yang sejahtera, lebih makmur, dan lebih beradab,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Rektor Itera Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha, mengungkapkan rasa bangga dan haru karena Institut Teknologi Sumatera telah mencapai usia 10 tahun.

Prof. Aryantha menyampaikan bahwa visi misi itera adalah menjadi Perguruan Tinggi yang unggul, bermartabat, mandiri dan diakui dunia serta berkontribusi dalam perubahan yang mampu meningkatkan kesejahteraan Bangsa Indonesia dan dunia dengan memberdayakan potensi yang ada di wilayah sumatera dan sekitarnya.

BACA JUGA :   Penelitian Laboratorium THP Universitas Lampung Terima Sertifikat Internasional

Hal tersebut diwujudkan melalui tiga Pilar Itera yaitu Itera Kuat, Maslahat, dan Bermartabat.(*)