Kembangkan Kawasan Kota Baru, Sekda Lampung Bilang Begini di FGD

1,370 views

LAMPUNG- Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto membuka Acara Focus Group Discussion (FGD) dengan Tema Akselerasi Pembangunan Kawasan Perumahan dan Center of Excelent Pendidikan di Kawasan Kota Baru, bertempat di Ruang Abung Balai Keratun, Bandarlampung, Senin (7/10/2024).

FGD ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang pemanfaatan aset daerah dalam pengembangan Kota Baru dari sisi pembangunan perumahan, kemudian memahami model pengembangan perumahan yang berbasis green dan smart city serta strategi pembiayaan perumahan yang terjangkau melalui skema KPR.

Sekdaprov Fahrizal mengatakan bahwa keberlanjutan pembangunan Kota Baru ini diharapkan menjadi peyangga kota Bandar Lampung yang dirasa sudah padat serta menjadi pusat pertumbuhan investasi baru.

Menurutnya, kawasan Kota Baru tidak hanya sebagai pusat perkantoran tetapi juga harus dilengkapi dengan pembangunan-pembangunan sektor lainnya seperti properti.

“Disitu harus ada perumahan, kalau ada perumahan maka disitu ada penghuninya, kalau ada penghuni di situ maka akan tumbuh sektor-sektor komersial seperti warung, supermarket, akan ada sejenis gerai-gerai minimarket, akan ada cafe,” ujarnya.

Tidak hanya di sektor properti, Sekdaprov Fahrizal menyampaikan bahwa harus ada pembangunan di sektor-sektor lain seperti aktivitas perdagangan, akomodasi restoran, ruang terbuka hijau, transportasi dan sektor industri. 

“Berbagai investasi ini diharapkan juga akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi Provinsi Lampung,” ujarnya.

Ia berharap kawasan Kota Baru bisa membangun budaya kerja baru, mindset baru dan dapat menjadi basis ekonomi baru di Provinsi Lampung.

“Hal ini juga sesuai dengan cita-cita besar negara kita yang berupaya untuk melakukan transformasi di segala bidang untuk mewujudkan Indonesia Emas di tahun 2045 mendatang, sebagai bagian dari Indonesia, Lampung harus berani melakukan transformasi untuk meraih berbagai kemajuan,” pungkasnya.

BACA JUGA :   Baznas Selayar Bantu Korban Laka Laut

FGD ini menghadirkan narasumber Kepala BPN Provinsi Lampung yang diwakili oleh Kepala Bidang Pengadaan Tanah dan Pengembangan Kantor Wilayah BPN Provinsi Lampung Oki Harien Purnomo, Ketua DPD REI Lampung Urianto Muslimin dan Consumer Lending head BTN Provinsi Lampung Frinsavina.(*)