Sambangi Pasar Gadingrejo, Pj Gubernur Lampung Tinjau Harga Bahan Kenutuhan Pokok

749 views

LAMPUNG- Pj. Gubernur Lampung Samsudin meninjau harga bahan kebutuhan pokok sekaligus berdialog bersama para pedagang, di Pasar Gadingrejo, Pringsewu, Kamis (3/10/20224).

Samsudin mengatakan kegiatan ini untuk menjaga stabilitas harga dan inflasi di Provinsi Lampung. Juga, memastikan harga kebutuhan pokok tetap terjangkau dan daya beli masyarakat tetap terjaga.

Samsudin secara langsung berdialog bersama para pedagang guna ingin mengetahui kondisi terkini mengenai harga bahan pokok dan ketersediaan stok barang khususnya di pasar tradisional.

“Harga-harga yang berpengaruh terhadap inflasi itu masih relatif stabil. Tidak ada lonjakan harga yang tinggi dan juga tidak terlalu rendah, dan ini memungkinkan masyarakat untuk memiliki daya beli yang cukup baik,” ujar Samsudin.

Samsudin menyoroti pentingnya menjaga kestabilan harga salah satunya cabai yang menjadi salah satu komoditas yang mempengaruhi inflasi.

Menurutnya, harga cabai saat ini berada dalam kondisi stabil. “Pemerintah menjaga daya beli agar inflasi itu tetap stabil terutama pengaruh cabai. Saat ini saya lihat cukup stabil di Pasar Gadingrejo,” katanya.

Samsudin menjelaskan dari kondisi di lapangan, sebagian besar pedagang menyampaikan bahwa pasokan bahan pokok cukup bahkan berlebih dan harga stabil. Namun, dia tetap memberikan imbauan agar harga dijaga supaya tidak mengalami kenaikan yang drastis.

“Pedagang mengatakan saat ini harga stabil dan tidak ada keluhan karena memang stok barang cukup dan bahkan hampir berlebihan. Saya meminta jangan sampai naik, kalau pun naik tetapi sedikit, jangan sampai masyarakat merasa susah untuk membeli dengan harga yang cukup tinggi,” ujarnya.

Samsudin menuturkan bahwa per 1 Oktober 2024, tingkat inflasi di Provinsi Lampung mengalami penurunan.

Dia menegaskan bahwa pemerintah akan terus berupaya menjaga inflasi di Lampung.

BACA JUGA :   Riana Sari Ikut Mukernas PMI

Samsudin mengatakan bahwa pemerintah akan terus memantau kondisi pasar dan melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten, untuk menjaga kestabilan harga bahan pokok dan memastikan kebutuhan masyarakat terpenuhi.(*)