Bupati Pesibar Hadiri Deklarasi Kampanye Pilkada Damai Di Lapangan Labuhan Jukung

649 views

Pesisir Barat – Bupati Pesisir Barat (Pesibar), Agus Istiqlal, menghadiri Deklarasi Kampanye Pilkada Damai Tahun 2024 oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pesibar, di Lapangan Merdeka Labuhan Jukung Kecamatan Pesisir Tengah, Selasa (24/9/2024).

Kegiatan tersebut juga dihadiri Wakil Bupati, A. Zulqoini Syarif, Kordiv SDM dan Organisasi Bawaslu Provinsi Lampung, Imam Bukhori, Ketua Bawaslu Pesibar, Abd. Kodrat dan anggota. Selain itu tampak hadir juga tiga pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati, nomor urut 1, Dedi Irawan – Irawan Topani, (Berani), nomor urut 2, Septi Heri Agusnaeni, – Ade Abdul Rochim (Setia), dan nomor urut 3, Ir. N. Lingga Kusuma, – Erlina, S.P., M.H., partai pengusung masing-masing paslon, serta forkopimda Pesibar-Lampung Barat (Lambar).

Ketua Bawaslu, Abd. Kodrat S berharap, melalui kegiatan dapat membuat semua pihak memaknai penyelenggaraan Pilkada Serentak secara utuh dan dapat berlangsung dengan Luber dan Jurdil serta terlaksana sesuai regulasi yang berlaku. “Tidak kalah penting tahapan Kampanye dapat terlaksana dengan baik tanpa adanya kendala dan berjalan sesuai aturan perundang-undangan,” kata Ketua Bawaslu, Abd. Kodrat S.

Ketua Bawaslu, Abd. Kodrat S menerangkan, sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) bahwa pelaksanaan Kampanye Pemilihan serentak 2024 akan berlangsung 25 September hingga 23 November 2024. Karenanya diharapkan masa kampanye dapat berlangsung aman dan damai. “Untuk mewujudkan hal tersebut diharapkan masing-masing paslon Bupati dan Wakil Bupati, untuk taat pada aturan yang telah ditetapkan. Silahkan untuk berkampanye dengan gembira tanpa melanggar ketentuan yang ada,” pinta Ketua Bawaslu, Abd. Kodrat S.

“Melalui kegiatan ini, mari kita bersama-sama berkomitmen dan berikrar dengan mendeklarasikan kampanye damai dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2024 yang berkualitas dan bermartabat,” sambung Ketua Bawaslu, Abd. Kodrat S.

BACA JUGA :   Pemkab Lambar Adakan Kegiatan FGD pembinaan statistik Sektoral Penyusunan Publikasi Pesibar Dalam Angka Tahun 2024

Ketua Bawaslu, Abd. Kodrat S juga berharap adanya sikap saling menghormati antar paslon, tunduk dan taat kepada peraturan perundang-undangan tentang kampanye. “Para paslon melaksanakan kegiatan kampanye dengan positif dan sejuk tanpa hoaks/kampanye hitam, ujaran kebencian, dan politisasi sara, juga tidak politik uang,” pungkas Ketua Bawaslu, Abd. Kodrat S.

Sementara itu Kordiv SDM dan Organisasi Bawaslu Provinsi Lampung, Imam Bukhori juga menyampaikan pelaksanaan Pilkada di Pesibar bisa saja menjadi barometer bagi daerah lain di Provinsi Lampung, jika dalam pelaksanaannya berlangsung damai dan tidak adanya pelanggaran-pelanggaran. Untuk itu mudah-mudahan Pilkada Serentak di Pesibar tidak mengalami kendala, berlangsung sejuk dan damai, serta terpilihnya pemimpin yang sesuai dengan keinginan rakyat,” ujar Kordiv SDM dan Organisasi Bawaslu Provinsi Lampung, Imam Bukhori.

Sedangkan Bupati, Agus Istiqlal dalam sambutannya mengapresiasi pelaksanaan Deklarasi Kampanye Pilkada Damai yang diharapkan penyelenggaraan pemilihan serentak dapat terlaksana dengan mengedepankan prinsip mandiri, jujur, adil, berkepastian hukum, tertib, terbuka, proporsional, profesional, akuntabel, efektif dan efisien. “Pilkada serentak adalah ajang bagi kita untuk memilih pemimpin yang akan membawa perubahan dan kemajuan bagi daerah. Namun, kita juga harus ingat bahwa pelaksanaan pemilu tidak hanya tentang meraih suara, tetapi juga tentang menjaga persatuan dan kesatuan masyarakat,” kata Bupati, Agus Istiqlal.

Oleh karena itu, Bupati, Agus Istiqlal mengajak semua pihak untuk menjaga suasana damai dan kondusif selama proses pemilihan berlangsung. “Saya mengajak semua pihak untuk berkomitmen menciptakan suasana yang aman dan damai. Kita harus menolak segala bentuk provokasi, ujaran kebencian, dan tindakan yang dapat memecah belah persatuan kita. Mari saling menghargai dan menghormati pilihan masing-masing. Ingatlah, siapapun yang terpilih nanti adalah pilihan rakyat dan harus kita dukung untuk menjalankan tugasnya dengan baik. Pesta demokrasi ini milik semua pihak dan semuanya juga memiliki tanggungjawab moral untuk bersama-sama mensukseskannya, kita sambut dengan riang gembira, dengan kondusif dan beradab,” ujar Bupati, Agus Istiqlal.

BACA JUGA :   Pemkab - Forkopimda Pesisir Barat Rapat Bahas Persiapan Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 H Tahun 2024

Bupati, Agus Istiqlal melanjutkan, kegiatan tersebut merupakan momentum penting dalam menyongsong pesta demokrasi pada November mendatang. Deklarasi merupakan cerminan komitmen bersama untuk menjaga suasana pemilu yang kondusif, tertib, dan aman di Pesibar. “Saya juga mengapresiasi seluruh paslon yang telah berpartisipasi. Kehadiran seluruh paslon menunjukkan itikad baik untuk mewujudkan pemilu yang berkualitas, berintegritas, serta berlandaskan semangat persatuan dan kebersamaan,” imbuh Bupati, Agus Istiqlal.

Selain itu, Bupati, Agus Istiqlal jug berterima kasih kepada jajaran unsur forkopimda yang telah bekerjasama dan menjalin sinergi guna memastikan penyelenggaraan pemilu yang aman dan lancar. “Besar harapan saya, melalui deklarasi kampanye damai ini, kita dapat bersama-sama menjaga semangat persaudaraan, menghormati perbedaan pilihan, dan mengutamakan kepentingan masyarakat di atas segalanya. Kepada seluruh masyarakat Pesibar, agar menggunakan hak pilih dengan bijak dan penuh tanggung jawab. Mari tunjukkan bahwa Pesibar mampu menjadi contoh dalam pelaksanaan pilkada yang damai, demokratis, dan penuh dengan rasa saling menghargai,” tukas Bupati, Agus Istiqlal.(ys)