Soal Sampah, DLH Tulang Bawang Gencar Sosialisasi

1,010 views

TULANG BAWANG- Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLH), kabupaten Tulang Bawang (Tuba) lakukan pendekatan secara persuasif kepada masyarakat terkait pengelolaan sampah.

Sekretris DLH Tuba Ariswan saat dijumpai wartawan, Jum’at, 18/08/2023 mengatakan bahwa pihaknya melakukan sosialisasi melalui kepala lingkungan (kaling), lurah, kepala kampung, tokoh adat, pemuda, serta para ibu-ibu tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Ia juga menyebutkan ada 4 armada untuk pengangkut sampah.

“Mobil pengangkut sampah selalu siap, setiap hari melakukan pengangkutan sampah terutama sampah- sampah yang ada di jalan protokol Menggala. Kita memiliki tempat pembuangan sampah (TPS) yaitu di Menggala, serta satunya berada di Rawa Pitu sebagai tempat TPS persiapan yang baru. Kita memiliki satu Tempat Pembuangan Akhir (TPA), yaitu di kecamatan Banjar Baru yang berada dibawah UPTD,”Jelasnya.

Selain itu, DLH Tuba juga menggalakkan bank sampah. Sebagai bentuk penangulangan dan penanganan sampah agar tidak menjadi polemik dikemudian hari. Pihaknya juga telah mengoptimalkan kerja para satgas kebersihan sampah agar dapat bekerja dengan baik. Hal tersebut sudah menjadi kegiatan secara rutinitas.

Ia pun berharap agar semua pihak khususnya masyarakat untuk dapat selalu menjaga kebersihan. Tidak membuang sampah sembarangan, dan selalu membuang sampah pada tempatnya. (erw)

BACA JUGA :   Pilkada Tuba, Golkar Usung Qudratul Ikhwan-Hankam