Kodim – Pemkab Pesibar Buka TMMD KE-113

1,446 views

PESIBAR- Kodim 0422/LB Bersama Pemerintah Daerah Pesisir Barat, adakan Pembukaan Pelaksanaa Kegiatan TMMD Ke-113 TA 2022 , di SMP N 8 Krui Pekon Suka Maju, Kecamatan Ngaras, Kabupaten Pesisir Barat. Rabu, 11-05-2022.

Kegiatan itu dipimpin Langsung Wakil Bupati Kab. Pesisir Barat Bapak A. Zulqoini Syarif, Dandim 0422/LB Letkol Czi Anthon Wibowo, serta dihadiri Kapolres Lampung Barat diwakili oleh Kasat Binmas Polres Lampung Barat Iptu Suherman, Asisten 1 Pemerintahan Bapak Audi, Danramil 422-06/Sumberjaya Kapten Inf Iwan Sudrajat, Danramil 422-02/Pesisir Selatan Letda Inf Ishak Junaidi, Danramil 422-03/Pesisir Tengah Kapten Inf Asyadi, Kapolsek Bengkunat diwakili oleh Kanit Binmas Ipda Toto, Seluruh Peratin Se-Kecamatan Ngaras dan Seluruh Peserta TMMD.

Program TMMD Ke 113 TA. 2022 Di wilayah Kodim 0422/LB dilaksanakan secara terpadu melalui proses perencanaan secara Integral dan Komprehensif Dengan Sistem
“Bottom Up Planing” ditindak lanjuti
kerjasama dan koordinasi dengan pemkab
Pesbar maupun instansi terkait serta
partisipasi aktif masyarakat. Dengan
dilaksanakanan TMMD Ke-113 TA. 2022 diharapkan dapat membantu Pemerintah untuk percepat Pembangunan Di Wilayah.

Kodim 0422/LB merupakan Satuan komando kewilayahan TNI AD yang
memiliki tupoksi melaksanakan Bimbingan terpadu di Wilayah Kabupaten Lampung Barat dan Pesisir Barat guna mewujudkan kemanunggalan TNI dan rakyat.
Sasaran TMMD ke-113 terletak di Pekon
Suka Maju, Kecamatan Ngaras, Kabupaten Pesisir Barat, merupakan Daerah terpencil
dengan obyek sasaran terdiri dari dua
sasaran fisik dan sasaran non fisik.

Adapun sasaran fisik antara lain:
– Pembukaan badan jalan panjag 11 M Lebar 6 M
– Pembangunan Saluran air bersih sepanjang 4,1 Km
– Rehab Masjid Panjang 18 M Lebar 18 M
– Pembangunan Gorong gorong Panjang 1 M Lebat 6 M Tinggi 1,5 sebanyak 3 Unit.

Sedangkan sasaran non fisik antara lain:
– Pelayanan Penyuluhan Kamtibmas dan Bahaya Narkoba oleh Polres Lambar
– Pelayanan KB gratis oleh Dinas BKKBN Pesibar
– Pembuatan E-KTP oleh Dinas Dukcapil Lambar
– Penyuluhan Perkebunan dan Pertanian oleh Dinas Pertanian.

BACA JUGA :   Dampingi Gubernur Panen Kopi, Bupati Lampung Barat Minta Petani Jaga Kualitas

Sambutan Bupati Kab. Pesisir Barat yang disampaikan oleh Wakil Bupati Kab. Pesisir Barat Bapak A. Zulqoini Syarif mengatakan, “Bersyukur bisa ikut dalam acara Pembukaan TMMD ke-113 Kodim 0422/LB, yang bertempat di Pekon Sukamaju Kec. Ngaras”.

Lanjutnya, program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) dilaksanakan bertujuan mempererat pelaksanaan pembangunan dengan harapan meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya Pekon Sukamaju Kec. Ngaras.

Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Harus kita sukseskan bersama-sama dan berjalan dengan baik dengan bekerja bergotong royong yang melibatkan semua unsur yang terlibat, seperti TNI, Polri, Pemerintah Daerah maupun Masyarakat.

Program TNI Manunggal Membangun Desa yang bertempat di Pekon Sukamaju Kec. Ngaras dengan sasaran :

Pembukaan Badan Jalan sepanjang 1.100 m dengan lebar 6 m, Pembangunan sarana air bersih 4.175 m, Rehap Masjid Baitun Janah Falpon dan Granit 18 x 18 m, Pembuatan Gorong-gorong

Dilain pihak Letkol Czi Anthon Wibowo, Dandim Kodim 0422/LB menjelaskan, TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK), Pemerintah Daerah dan Komponen Bangsa lainnya guna membangun dan membantu masyarakat/Desa yang tergolong masyarakat/Desa Tertinggal.

Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) dilaksanakan secara rutin guna mewujudkan kemanunggalan TNI dengan masyarakat.

TMMD Merupakan Operasi Bhakti TNI yang dilaksanakan secara Terpadu dan Lintas Sektoral Bersama Kementerian/LPNK, Pemda serta Komponen Masyarakat sebagai upaya mendukung program Pemerintah dalam rangka Percepatan Pembangunan di
Wilayah.(san)