Arinal Terima Kunjungan Kerja Wagub Kalimantan Tengah

2,464 views

BANDARLAMPUNG – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menerima kunjungan Kerja Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo dalam rangka mempelajari kesuksesan Provinsi Lampung dalam bidang pertanian, di Mahan Agung, Bandar Lampung, Senin (19/2/2024).

Edy Pratowo mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi beserta jajaran atas waktu dan kesempatan yang diberikan. Wakil Gubernur Kalimantan Tengah itu juga memperkenalkan satu per satu pejabat tinggi pratama di lingkungan Pemprov Kalimantan Tengah yang turut serta dalam kunjungan kerja kali ini.

Edy Pratowo menjelaskan bahwa kunjungannya kali ini terkait kesuksesan Provinsi Lampung dalam bidang pertanian, sehingga dia bersama tim ditugaskan Gubernur Kalimantan Tengah untuk belajar dari Provinsi Lampung.

Hal ini juga mengingat bahwasannya Kalimantan Tengah memiliki potensi yang luar biasa.

“Kami dari tim membawa teman-teman yang bergerak dibidangnya, ditugaskan pak Gubernur untuk belajar dari Provinsi yang sudah maju seperti Provinsi Lampung,” ujar Edy.

Terkait kunjungan tersebut, atas nama Pemerintah Provinsi Lampung Gubernur Arinal, menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat datang, kepada Wakil Gubernur Kalimantan Tengah beserta jajaran Kepala Perangkat Daerah, atas kunjungan kerja ini, untuk bertukar pikiran dan berdiskusi dalam rangka Pengembangan Produksi Tanaman Pangan khususnya Jagung Hibrida sampai dengan skala bisnisnya.  

“Saya sampaikan, kami sangat terbuka untuk kita saling belajar, bahkan saling mendukung untuk memajukan daerah kita bersama-sama,” ujarnya.

Sekarang ini, pembangunan perekonomian daerah tidak bisa lagi dilakukan sendiri-sendiri. Antar-daerah harus saling berkolaborasi, membangun jaringan, sharing teknologi dan pembelajaran, berbagi pengalaman, juga bersama-sama mendorong daya saing daerah, yang potensinya tentu beragam antara satu daerah dengan daerah lain. 

“Melalui kunjungan seperti ini, bisa kita jajaki bersama bentuk-bentuk sinergi dan kolaborasi yang kongkret, dengan harapan dalam rangka membangun perekonomian daerah,” ujarnya.

BACA JUGA :   Pemprov Lampung - BP2MI Fasilitasi Kepulangan Jenazah Pekerja Migran Indonesia Asal Lampung

Seperti diketahui, sejumlah potensi Produksi Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung Tahun 2022, diantaranya:   

1) Padi (data SIScrop) : 3,2 juta ton;  

2) Ubi kayu : 7,3 juta ton merupakan peringkat I (satu) Nasional;

3) Jagung : 3,1 juta ton PK, merupakan peringkat III (tiga) tingkat nasional dan peringkat I (satu) se-Sumatera;

4) Pisang : 1,2 juta ton, merupakan peringkat III (tiga) tingkat Nasional;

5) Nanas : 862.000 ton, merupakan peringkat I (satu) tingkat Nasional;  

6) Manggis : 3.500 ton.