MPP Kota Metro Rayakan HUT ke-1

814 views

Metro – Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Metro di bawah naungan Dinas PMPTSP, merayakan Hari jadi yang ke 1 tahun 2023. Perayaan Hari Jadi MPP ini adalah wujud syukur, kolaborasi kerjasama pelayanan bersama seluruh instansi Pemerintah dan pihak swasta.

Digelar di halaman MPP Kota Metro, selasa (05/12/2023), diawali dengan senam bersama, kemudian pasar murah, serta ekspos pelayanan, kegiatan ini berlangsung meriah.

Wakil Walikota Metro, Qomaru Zaman dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya bersama untuk terus mengenalkan keberadaan dan fungsi Mal Pelayanan Publik kepada masyarakat Kota Metro sebagai salah satu program prioritas Walikota Metro yang tertuang dalam RPJMD Kota Metro Tahun 2021-2026.

“Maka dalam hal ini, harapannya masyarakat dapat memilih jenis layanan yang diinginkan dalam satu tempat sesuai dengan kebutuhannya tanpa kebingungan lagi karena hampir semua jenis layanan ada di MPP ini ditambah lagi teknologi digital dan sistem online yang dapat mengurangi waktu tunggu dan mempermudah proses administratif,” ujarnya.

Tak hanya itu, Qomaru juga menyampaikan standar pelayanan harus menjadi tolak ukur yang digunakan sebagai acuan dalam penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang lebih efisien dan mudah diakses bagi masyarakat.

”Saya dan Pak Walikota sangat serius dalam melayani masyarakat, seperti contohnya gedung Sessat ini yang kita manfaatkan sebaik-baiknya, selain untuk pesta atau gedung pertemuan juga sebagai pusat pelayanan. Mal Pelayanan Publik kita hadirkan disini, dengan jumlah 269 pelayanan perizinan dari 29 Instansi yang ada disini sehingga apa yang menjadi tujuan kita bersama yaitu menjadikan pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau masyarakat tak perlu susah lagi dalam mengurus perizinan,” katanya.

BACA JUGA :   Peringati Hari Jadi, Ketua DPRD Metro Harap Semua Stake Holder Bersinergi Bangun Metro

Qomaru juga berharap kepada seluruh aparatur atau pegawai MPP agar terus mengembangkan kualitas diri mengingat saat ini MPP Kota Metro juga telah ditetapkan menjadi salah satu dari 21 kabupaten/kota yang menjadi pilot project penerapan MPP Digital.

“Saya berharap ke depan, secara bertahap seluruh pelayanan publik di MPP dapat di integrasikan dalam sebuah aplikasi MPP Digital. Hal ini tentunya harus disikapi oleh peningkatan SDM yang ada. Saya berpesan kepada seluruh aparatur pelayanan MPP, bahwa dalam melayani tidak boleh merasa cepat puas. Karena, ini akan mematikan kreativitas untuk menciptakan inovasi dalam pelayanan,” lanjutnya.

Di kesempatan yang sama Deny sanjaya Kepala DPM-PTSP Kota Metro menyampaikan ke depanmya akan meng-upgrade pelayanan yang ada di MPP ini seperti Taspen yang sudah dihadirkan disini, dimana Taspen ini tak hanya melayani masyarakat Kota Metro saja melainkan dari Lampung Timur bahkan warga dari Lampung Tengah.

“Kemudian nanti langkah konkret yang akan kita laksanakan kedepannya yaitu menghadirkan layanan Imigrasi disini, dimana masyarakat yang ingin menuniakan ibadah haji dan umroh bisa mengurus Imigrasi nya di MPP ini. Karena itu saya mohon doa nya semoga apa yang kita harapkan bersama bisa terlaksana demi memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat,” katanya.

Kemudian Deny juga mengucapkan apresiasi yang tinggi kepada staf dan pegawai MPP atas upaya kolaboratif antar berbagai sektor dalam membangun Mal Pelayanan Publik ini.

“Dalam proses perencanaan dan implementasi, kita bekerja sama dengan instansi terkait, serta pihak swasta. kerjasama ini guna mewujudkan visi pelayanan publik yang lebih baik dan efisien untuk masa depan yang lebih baik,” tutupnya.

Di kesempatan yang sama, Hambali selaku masyarakat menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kota Metro atas kehadiran mal pelayanan publik ini. ia juga mengatakan Keberadaan MPP yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas pelayanan publik telah memberikan manfaat besar bagi masyarakat.

BACA JUGA :   Ini 5 Prioritas Hasil Reses Wakil Ketua I DPRD Metro, Anna Morinda

”Dengan adanya MPP, kami dapat dengan mudah mengakses berbagai jenis pelayanan yang sebelumnya sulit dijangkau. Berbagai instansi pemerintah seperti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Kesehatan, Pengadilan Negeri, Kejaksaan Negeri, Polres dan lainnya memiliki lokasi yang terintegrasi di dalam mal ini. Hal ini memudahkan kami dalam memenuhi berbagai kebutuhan administratif, mulai dari pembuatan dokumen hingga proses administrasi lainnya,” kata Hambali. (hum/feb)