Ketua SMSI Lampung: Kepala Daerah Berkewajiban Mengamalkan Pancasila

1,190 views

LAMPUNG- Donny Irawan, Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Lampung tegaskan bahwa kepala daerah memiliki kewajiban untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam upaya mencapai masyarakat yang adil dan sejahtera. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Donny di Sekretariat SMSI Lampung yan pada hari ini dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila 1JUNI.

Donny Irawan, yang juga merupakan seorang Pemerhati Sosial menggarisbawahi pentingnya implementasi Pancasila sebagai dasar negara yang harus dipegang teguh oleh seluruh elemen masyarakat, terutama oleh kepala daerah. Menurutnya, Pancasila bukanlah sekadar simbol atau slogan belaka, melainkan suatu landasan ideologi yang harus menjadi panduan bagi pemimpin dalam mengambil kebijakan dan melaksanakan pembangunan di daerahnya.

“Kepala daerah memiliki tanggung jawab moral dan konstitusional untuk mewujudkan visi Pancasila dalam kehidupan masyarakatnya. Pancasila mengandung nilai-nilai adil dan sejahtera bagi seluruh rakyat Indonesia, dan kepala daerah harus menjadikannya sebagai acuan utama dalam merumuskan kebijakan pembangunan yang berpihak kepada seluruh lapisan masyarakat,” ujar Donny.

Donny juga menambahkan bahwa kepala daerah harus mampu mengidentifikasi dan mengatasi permasalahan yang ada di wilayahnya dengan berlandaskan Pancasila. Upaya tersebut mencakup pembangunan infrastruktur, pemberdayaan ekonomi, peningkatan kesejahteraan sosial, pendidikan yang merata, dan perlindungan hak asasi manusia. Dengan mengedepankan Pancasila sebagai pedoman, kepala daerah dapat memastikan bahwa pembangunan yang dilaksanakan mampu mendorong terciptanya masyarakat yang adil dan sejahtera.

SMSI Lampung juga mendorong seluruh kepala daerah di provinsi ini untuk mengadakan dialog terbuka dengan masyarakat guna mendengarkan aspirasi dan kebutuhan mereka. Donny menekankan pentingnya kepala daerah menjadi pendengar yang baik dan responsif terhadap harapan rakyat. Dengan cara ini, kepala daerah dapat merumuskan kebijakan yang tepat, berdasarkan kebutuhan masyarakat yang sesungguhnya.

BACA JUGA :   Perluas Jangkauan Kampanye Antikorupsi, KPK-Damri Sepakati Kerjasama

Donny Irawan berharap agar pernyataannya dapat menginspirasi kepala daerah di seluruh Indonesia untuk melaksanakan tugas mereka dengan memegang teguh nilai-nilai Pancasila. Implementasi Pancasila yang baik akan memberikan dampak positif bagi masyarakat, menciptakan keadilan, kesejahteraan, dan harmoni dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai penutup, Donny mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama mendukung implementasi Pancasila di berbagai lini kehidupan. (*)