Tangani Inflasi, Bupati Lamteng Ikuti Zoom Meeting Bareng Presiden

1,197 views

LAMTENG- Seluruh dunia sedang dihadapkan pada tantangan ekonomi global yang berat. Selain itu situasi global yang masih belum pasti karena terdampak perang Rusia Ukraina juga mempengaruhi ekonomi sejumlah negara termasuk Indonesia.

Menghadapi tantangan tersebut pemerintah pusat meminta kepada daerah agar melakukan langkah cepat dan tepat untuk menangani permasalahan yang ada terkait pemulihan ekonomi nasional dengan tujuan meringankan beban ekonomi masyarakat. 

Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad dan jajaran Forkopimda mengikuti zoom meeting dengan Presiden RI Joko Widodo membahas mengenai penanganan inflasi di Indonesia. Menteri Tito meminta pemda mengaktifkan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), termasuk pengendalian BBM bersubsidi agar tepat sasaran kepada masyarakat tidak mampu dan melaksanakan gerakan penghematan energi. Kemudian, melakukan gerakan tanam pangan cepat panen, melaksanakan kerjasama antar daerah dan intensifkan jaring pengaman sosial.

Untuk menindaklanjuti hasil Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi secara virtual yang dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad langsung melakukan rapat intern dengan seluruh Anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Ketua DPRD Kabupaten Lampung Tengah, Kapolres Lampung Tengah Dandim 0411 Kota Metro, Kajari LAMPUNG Tengah serta para OPD terkait pengendalian inflasi tersebut. 

Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah langsung bertindak cepat sesuai arahan pemerintah pusat untuk menekan angka inflasi di daerah masing masing. Beragam upaya terus dilakukan untuk menggerakkan perekonomian masyarakat Lampung Tengah. Fokus pengendalian inflasi untuk menahan kenaikan harga barang dan jasa di desa, dengan memproduksi komoditas terutama pangan dan menyimpan stok di lumbung desa. Kegiatan pengendalian inflasi daerah di tingkat desa seperti penyediaan data dan informasi hasil dan harga komoditas dan produksi komoditas dari dalam desa terutama pangan serta memastikan stok komoditas di desa terutama pangan.

Pemda Lampung Tengah sudah melakukan langkah konkrit terkait pengendalian inflasi dan pemulihan ekonomi diantara nya operasi pasar, pengendalian harga minyak goreng, pengendalian dan peningkatan produksi pangan padi, dimana Lampung Tengah memiliki hasil padi yang cukup melimpah bahkan bisa mencukupi kebutuhan di Provinsi Lampung. Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah juga selalu mengawasi perputaran  gerak ekonomi di masyarakat sehingga dapat mudah mengambil langkah langkah pencegahan. 

Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad mengajak seluruh stakeholder terkait untuk bekerjasama sehingga Lampung Tengah bisa menurunkan angka inflasi yang ada yang nanti nya juga akan berpengaruh terhadap peningkatan ekonomi dan penurunan angka inflasi nasional. Masyarakat diminta memanfaatkan lahan perkarangan atau lahan-lahan didesa yang tidak produktif untuk dilakukan penanaman beberapa komoditi sehingga bisa memberikan kontribusi terhadap kebutuhan daerah. (hms)