Ketua DPP: Dorongan Di Internal PDIP Untuk Usung Gibran Di Pilwakot Solo Besar

333 views
logo PDIP

JAKARTA- Dorongan untuk merekomendasikan Gibran Rakabuming Raka di Pilwakot Solo 2020 semakin menguat. Sinyal itu terlihat dari ungkapan Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ahmad Basarah.

“Secara dinamika politik internal di DPP (PDIP), keinginan mencalonkan Gibran sebagai cawalkot Solo itu besar,” kata Basarah kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan pada Sabtu (22/2/20), dilansir dari cnnindonesia.

Menurutnya, Gibran merupakan salah satu calon dengan latar belakang sosok milenial. Latar belakang itu penting karena Indonesia diprediksi mengalami bonus demografi pada 2030, di mana kalangan milenial akan menjadi kelompok penduduk paling besar.

Berangkat dari itu, lanjutnya, Gibran berpotensi mengambil porsi pemilih paling besar.

“Dia (Gibran) seorang pemuda dari generasi milenial yang dalam konteks regenerasi kepemimpinan bangsa, partai-partai politik berani membuka peluang bagi anak-anak muda untuk mulai tampil memimpin bangsa sendiri di daerah masing-masing,” tutur Wakil Ketua MPR itu.

Namun demikian, keputusan rekomendasi DPP PDIP berada di tangan Ketua Umum Megawati Soekarno Putri.

Basarah menambahkan, pengumuman akan dilakukan setelah seluruh struktur partai dipastikan dalam keadaan siap, solid, dan kompak agar rekomendasi DPP dapat menghasilkan kemenangan PDIP di setiap daerah yang menggelar Pilkada 2020.

Pada bagian lain, Ketua DPP PDIP Bambang Wuryanto menyatakan partainya berencana mengumumkan kandidat calon kepala daerah dari Kota Solo, Kota Medan dan Kota Makassar di Pilkada 2020 pada gelombang kedua di awal Maret 2020.

“(Pengumuman) Tahap dua itu 3 Maret. Kira-kira tahap dua lah, pasti. Makassar, Solo, Bali mungkin tahap dua. Bali udah siap, Solo udah siap, Makassar udah siap, Medan siap, tapi gak kita ikutin sekarang,” kata Bambang di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu (19/2/20) lalu. (cni/dim)

BACA JUGA :   Putera Lampung Barat Kecam pengeroyokan dokter di Puskesmas Fajar Bulan