Disambangi Wagub Lampung, Lampura Siap KLA

297 views

KOTABUMI- Taman Wisata Tirta Shinta Desa Wonomarto, Kecamatan Kotabumi Utara, Lampung Utara (Lampura) jadi debutan pertama Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim dalam roadshow Kabupaten Layak Anak (KLA).

Ya, melalui sosialisasi forum anak daerah ini dapat menjadi rujukan provinsi layak anak dan bebas stunting. Acara digelar Rabu (15/1/20).

“Alhamdulillah, saya optimis kita di tahun 2020 layak anak dapat terwujud dengan baik. Tentunya melalui usaha terbaik disini, jadi disini bukan penghargaan yang menjadi karena bukan segalanya. Tapi paling tidak akan memberikan motivasi, bagi peningkatan generasi penerus bangsa kedepannya,” kata dia Anggota DPRD Provinsi Lampung, Soni

Menurutnya, hal itu penting dilakukan karena tanpa adanya dukungan generasi penerus maka pelaksanaan pembangunan akan menjadi sia-sia. Sehingga perlu menjadi perhatian semua, mulai dari pemerintah, stakeholder dan seluruh elemen masyarakat.

“Stunting bukan hanya disebabkan makanan, tapi juga cara penyajian, pemasakan dan lingkungan kurang sehat. Semisal sanitasi buruk karena belum odf, sehingga perlu kerja sama semua satker dan elemen masyarakat, agar penanganannya dapat berkesinambungan. Meski secara nasional pengentasannya masih diatas rata-rata, namun setelah melihat disini kami optimis kabupaten/kota di Lampung akan bebas dari masalah ini tahun depan,”paparnya.

Sekdakab Lampura, Sofian menyatakan pihaknya siap mendukung program pemerintah provinsi, melalui berbagai program. Baik itu yang telah, akan dan tengah dilaksanakan disana guna mewujudkan “Lampung Berjaya”.

“Program pengentasan telah banyak dilakukan, termasuk bantuan dari pemerintah pusat. Seperti rumah singgah layak anak, sosialisasi, advokasi dan lainnya. Sehingga diharapkan kedepan dapat menurunkan angkanya, termasuk masalah stunting,” tambahnya.

Selain itu, pihaknya berharap kepada pemerintah untuk membantu peningkatan insfrastruktur kabupaten. Yakni peningkatan jalan kabupaten menjadi provinsi karena dipakai sebagai jalur alternatif nasional. Serta pemindahan kantor samsat dari samping Toserba Ramayana, ke lokasi disiapkan oleh Pemkab Lampura di eks terminal kalicinta. (kis/dit)

BACA JUGA :   Mantap! Pertumbuhan Ekonomi Lampung 2020 lebih tinggi dari Pertumbuhan Nasional