Beranda Lampung Bandar Lampung Yuk, Kawal Pilkada Serentak 2020

Yuk, Kawal Pilkada Serentak 2020

1854
0

Lampung- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung minta masyarakat untuk berperan aktif untuk mengawal proses pemilihan kepala daerah di pilkada serentak 2020 mendatang.

Ini dikatakan Ketua KPU Lampung, Erwan Bustami saat launching maskot pilkada 2020, Minggu (15/12/19).

“Saya mengajak masyarakat untuk partisipasi aktif dalam tahapan pilkada, dari mengawal proses rekrutmen anggota PPK, PPS, KPPS sampai masa kampanye para calon pemimpin daerah,” ujarnya.

Ia juga meminta kepada masyarakat untuk cerdas dalam memilih calon kepala daerah dengan tidak terbuai dengan politik uang.

“Awasi proses tahapan pilkada dari awal sangat penting bagi masyarakat sebab yang akan mereka pilih ini adalah kepala daerah. Masyarakat harus memilih kepala daerah yang akan membawa dampak positif dalam lima tahun ke depan,” ucapnya.

Untuk itu, karena yang menentukan siapa yang jadi kepala daerah ada di tangan masyarakat sendiri, Ia mengingatkan agar warga sudah memiliki KTP elektronik agar bisa menggunakan hak pilihnya.

Dilanjutkannya, jika belum memiliki KTP elektronik dan sudah melakukan perekaman harus dipastikan ada surat keterangan dari Disdukcapil.

“Saya yakin kalau partisipasi pilkada kita dapat mencapai 80 persen lebih pastinya pemimpin terpilih pun akan mendapatkan legitimasi kuat di masyarakat,” jelasnya.

Erwan pun berpesan kepada KPU Kabupaten/Kota, untuk menjaga amanah dari masyarakat dan melaksanakan tugas dan kewajiban sesuai dengan undang-undang dan tahapan yang ada.

“Jadi jangan sampai ada kecurangan terlebih melibatkan penyelenggara,” tegasnya. (ant/dit)

Facebook Comments