Wakili Gubernur Lampung, Sekdaprov Hadiri Upacara Pengantaran Satgas Operasi Pamtas RI-PNG Yonif 143/TWEJ TA. 2022

1,020 views

Bandar Lampung – Gubernur Lampung diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto menghadiri Upacara Pengantaran Satgas Operasi Pamtas RI-PNG Yonif 143/TWEJ TA. 2022 bertempat di Pelabuhan Panjang, Sabtu (01/10/2022).

Upacara Pengantaran ini dipimpin langsung oleh Panglima Kodam II/Sriwijaya Mayjen TNI Hilman Hadi dalam rangka melaksanakan tugas operasi pengamanan perbatasan di daerah RI-PNG di sektor utara wilayah Provinsi Papua.

Dalam pengantarnya, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Hilman Hadi menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh anggota Operasi Pamtas RI-PNG Yonif 143/TWEJ yang bertugas,

“Dengan penuh rasa bangga, saya mengucapkan selamat kepada segenap prajurit Yonif 143 yang telah mendapat kepercayaan dari pimpinan TNI, bangsa dan negara sebagai satuan tugas operasi pengamanan perbatasan di daerah RI-PNG di sektor utara tahun 2022,” ucapnya.

Wilayah perbatasan merupakan wilayah yang bernilai strategis bagi kedaulatan negara, sehingga tugas pengamanan darat yang akan dilaksanakan ini merupakan salah satu tugas pokok TNI yang juga tertuang dalam UU No. 34 tahun 2004.

Tugas pengamanan perbatasan ini harus dimaknai sebagai amanat, kehormatan, kepercayaan, harga diri dan kebanggaan karena tidak semua prajurit mendapatkan kesempatan melaksanakan penugasan seperti ini.

Oleh karena itu, pelaksanaan tugas ini dengan penuh totalitas, semangat pengabdian, disiplin dan rasa tanggung jawab yang tinggi. Dengan berbekal kemampuan dan keterampilan yang diperoleh selama melaksanakan latihan, saya yakin kepercayaan dan kehormatan yang diberikan oleh pimpinan TNI, Bangsa dan Negara dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Hilman Hadi juga berpesan kepada seluruh prajurit yang bertugas untuk menunaikan tugas ini dengan penuh keyakinan karena pada hakikatnya tugas yang dilakukan ini adalah sebuah ibadah, menjalin hubungan kerjasama dengan seluruh pihak terkait termasuk penjaga pos perbatasan negara tetangga Papua Nugini dan apabila timbul masalah segera selesaikan dengan cara yang bijak atau prosedural.

BACA JUGA:  Pemprov Lampung Gelar Rakor Terkait Pengendalian Covid-19

Lalu, seluruh prajurit juga diminta untuk selalu waspada untuk menjaga diri, pos, melindungi masyarakat dari ancaman yang mungkin timbul. Seluruh prajurit juga diminta untuk menjaga nama baik satuan dan menghindari segala bentuk pelanggaran dan perbuatan tidak terpuji.

Prajurit yang bertugas juga diminta untuk selalu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan yang maha kuasa sehingga dalam setiap pelaksanaan kegiatan selalu dalam lindungan-Nya.

Diakhir, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Hilman Hadi menyampaikan ungkapan selamat jalan kepada prajurit yang bertugas,

“Saya mengucapkan selamat jalan dan selamat bertugas melaksanakan tugas mulia ini. Doa kami selalu menyertai langkah kalian.” tutupnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Forkopimda Provinsi Lampung, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, Pimpinan Perusahaan BUMN dan BUMD di Provinsi Lampung. (*)

banner 325x300