Siagakan Pasukan Vaksin Keliling, Kapolda Lampung Pimpin Apel di Saburai

# Dilihat: 1.782 pengunjung
  • Bagikan

LAMPUNG- Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno pimpin apel kesiapan vaksinasi covid-19 keliling, yang diselenggarakan oleh Polda Lampung, Rabu pagi (21/7/21).

Apel kesiapan tersebut dilaksanakan di lapangan Saburai Bandar Lampung. Hadir dalam kegiatan apel tersebut, Wakapolda lampung beserta Pejabat Utama (PJU) Polda Lampung, Perwira Staf Korem 043/Garuda hitam, Walikota Bandar Lampung Eva Dwiana, Kepala Dinas kesehatan (Kadinkes) Provinsi Lampung, Sekda Provinsi Lampung, serta Forkopimda Provinsi dan kota Bandar Lampung.

Apel kesiapan tersebut melibatkan personil TNI-Polri, tenaga Vaksinator dari Biddokkes (Bidang Kedokteran dan kesehatan) Polda Lampung dan Puluhan kendaraan dinas Polda Lampung, untuk mendukung pelaksanaan kegiatan Vaksinasi covid-19 keliling di Provinsi Lampung.

Dalam amanatnya, Kapolda Lampung menyampaikan bahwa vaksinasi massal sudah dilaksanakan.

“Namun perlu di tingkatkan lagi, strategi kita adalah mendatangi langsung ke tengah tengah masyarakat, guna memudahkan masyarakat dalam melaksanakan vaksin, dengan sarana kendaraan dan personil TNI-Polri yang telah disiapkan,”ucap Kapolda Lampung, Hendro Sugiatno.

“Untuk wilayah kabupaten, silakan manfaatkan kendaraan yang ada, untuk menjangkau daerah daerah pemukiman warga yang akan divaksinasi, karena jangkauan masyarakat serta geografis lampung sangat luas. Kemudian faktor kondisi fisik masyarakat yang tidak memungkinkan untuk datang ke tempat vaksinasi, sehingga perlu upaya upaya kita untuk mendatangi langsung ke tengah tengah masyarakat, guna percepatan Vaksinasi Covid-19,”imbuhnya.

Ia juga menyatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk membantu peningkatan jumlah Vaksinasi di Lampung.

“Dari 1 juta vaksin yang sudah kita terima, saat ini capaian vaksinasi Provinsi Lampung sudah 78 persen, mudah-mudahan dengan upaya upaya yang kita lakukan, dapat mempercepat proses vaksinasi di Provinsi Lampung,”kata Hendro.

Hendro juga menjelaskan, untuk daerah daerah yang terletak di pulau sekitar wilayah Kabupaten di Provinsi Lampung, Polda Lampung juga telah menyiapkan Kapal laut, yang akan difasilitasi oleh Direktorat Polair (Dit Polair) Polda Lampung.

BACA JUGA:  Iyes! Mulai Nanti Malam, Larangan Mudik Mulai Berlaku

“Jadi saya minta dinas kesehatan kabupaten, jangan ada kendala, terkait sarana transportasi dan personil, Polda Lampung bersama dengan TNI, siap mendukung pelaksanaan Percepatan Vaksinasi Covid-19, jika ada kendala silakan kordinasi kan ke polres atau Polsek setempat, karena tujuan kita adalah bagaimana masyarakat dapat tervaksinasi dengan baik,” ucapnya.

Saat itu, Ia menargetkan realisasi 29.000 dosis vaksin kepada masyarakat. Sementara pemda menargetkan 37.600 dosis vaksin.

“Kami berharap jangan ada ego sektoral, semua yang kita lakukan demi kesehatan masyarakat,” tegas Hendro.

Di sisi lain Polda Lampung telah menyalurkan Bantuan sosial ke masyarakat yang terdampak PPKM Darurat, sebanyak 4.000 paket Bantuan sosial.

“Dalam minggu ini, Polda Lampung akan bekerjasama dengan Paguyuban Sosial Masyarakat Tionghoa (PSMTI) untuk menyiapkan 10.000 Paket Bantuan sosial, dengan rincian untuk wilayah Bandar Lampung sebanyak 3.000 paket Bantuan sosial, Kota Metro sebanyak 1.000 paket Bantuan sosial, sisanya untuk semua kabupaten sebanyak 500 Paket.

“Nanti secara bertahap kita salurkan bantuan sosial tersebut kepada masyarakat, dengan cara pendistribusian Bansos tersebut, dari rumah ke rumah masyarakat yang sudah kami data lewat babinsa dan bhabinkamtibmas, masing masing desa di kabupaten Provinsi Lampung”, Kata Hendro.

Sementara itu, Kepala Dinas kesehatan (Kadinkes) Provinsi Lampung, Dr. Reihana mengatakan bahwa kasus Konfirmasi covid-19 dalam beberapa hari ini mengalami penurunan, itu di lihat dari BOR (Bed Occupation Rate) Rumah Sakit.

Dinkes Provinsi Lampung juga telah meningkatkan tes dan tracing kepada warga.

“Dengan kegiatan Vaksinasi Covid-19 keliling Polda Lampung ini, mudah mudahan Allah SWT melindungi kita semua dari wabah Covid-19 ini, tujuan kami adalah untuk kesehatan masyarakat, apabila masyarakat sehat, otomatis ekonomi akan berjalan seperti sedia kala,” tutup Hendro. (rls/dit)

BACA JUGA:  Sekda Lampung Hadiri Rakor Forsesdasi
  • Bagikan
banner 325x300