Pitu Program Lampung Barat Sukses! Masyarakat Rasakan Manfaat

# Dilihat: 150 pengunjung
  • Bagikan

LAMPUNG BARAT- Sejak diluncurkan Tiga Tahun yang lalu, Pitu (Tujuh) Program unggulan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat, kian dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Selain mampu menggerakkan roda perekonomian bagi masyarakat Lampung Barat, pitu program tersebut juga terbukti mampu menjadi penyangga kelestarian budaya yang masih terpelihara dengan baik di bumi beguai jejama tersebut.

Ketujuh program unggulan yang dimiliki Kabupaten Lampung Barat tersebut diantaranya program penataan kota liwa, kini wajah ibukota dari Kabupaten terujung Provinsi Lampung itu Nampak lebih elok dan menarik dipandang mata. Selain arsitektur kebudayaan yang merupakan cirri khas daerah tersebut sangat ditonjolkan, keramahan masyarakat Lampung Barat juga menambah nuansa tersendiri bagi Kabupaten yang dijuluki Negeri Diatas Awan itu.

Selain program penataan Kota Liwa, Bupati Lampung Barat Hi.Parosil Mabsus dan Wakil Bupati Drs.Mad Hasnurin yang terpilih pada tahun 2017 lalu juga memiliki program unggulan dibidang pendidikan yang diberi nama “Semua Bisa Sekolah”.

Selain focus terhadap peningkatan pendidikan mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Atas (SMA sederajat) dengan memberikan seragam secara gratis terhadap seluruh siswa siswi mulai dari tingkat SD hingga SMP dan memberikan program beasiswa berprestasi kedoteran di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan beasiswa Jurusan Seni bagi siswa siswi yang berprestasi.

Selain itu program “Semua Bisa Sekolah”itu juga menyasar peningkatan kesejahteraan guru honorer dengan memberikan program pengangkatan perjanjian kontrak bagi guru honorer murni.

Sementara dibidang kesehatan program unggulan yang dimiliki oleh duet PM (Sapaan bagi Parosi l dan Mad Hasnurin) yaitu“Pelayanan Masyarakat Sehat” (PMS), melalui program ini pemerintah memberikan pelayanan keseluruh lapisan masyarakat dengan melakukan peningkatan sarana dan prasarana kesehatan salah satunya meningkatkan status puskesmas dimasing-masing kecamatan menjadi puskesmas rawat inap dengan bangunan yang megah dan peralatan yang memadai. Setelah dibangun gedung dan dilengkapi peralatan yang memadai, pelayanan masyarakat sehat juga memberikan pelayanan“Ambulan Hebat”yang selalu siap siaga selama 24 jam.

BACA JUGA:  DPRD Lampung Barat Gelar Rapat Paripurna LKPJ Kepala Daerah 2021

Sedangkan dalam hal pelayanan terhadap masyarakat kurang mampu pemerintah juga memberikan jaminan kesehatan berupa kepesertaan Penerima Bantuan Iuran (PBI) Daerah maupun pasien tanggungan negara dan ditambah bonus satu lagi dari program PMS yaitu memberikan makanan gratis untuk satu pendamping pasien peserta PBI dan Pasien tanggungan negara .

Kemudian, pada sektor pertanian Kabupaten yang dipimpin oleh seorang Bupati yang notabene anak dari seorang petani tersebut memberikan perhatian khusus melalui program unggulan yang diberi nama “Mensejahterakan Petani” program ini didesain untuk meningkatkan produktifitas dan mutu hasil pertanian dan perkebunan sehingga diharapkan dapat berdampak terhadap meningkatnya perekonomian bagi masyarakat Lampung Barat. Program mensejahterakan petani tersebut diwujudkan dengan memberikan bantuan sarana dan prasarana pertanian berupa Mesin Pengolah Kopi, Mesin Traktor, Cool Box Ikan, Jaring Insang Ikan, Perlengkapan Perahu, bibit lada, buah buahan, entres kopi, Kambing PE, Benih Ikan dan bantuan pupuk.

Selain itu program ini juga menyasar pelaku usaha mikro dengan memberikan pelatihan dan bimbingan bagi kelompok usaha mikro.
Adapun program unggulan lain yang dimiliki Kabupaten Lampung Barat khusus di bidang pelayanan publik serta pengembangan wisata yaitu “Masyarakat Berdaya Saing Dan Peningkatan Kinerja”, program ini berfokus mengembangkan potensi wisata yang ada di kabupaten Lampung Barat dengan membentuk Kelompok-kelompok yang sadar akan potensi wisata yang dimiliki desanya, pemerintah juga terus meningkatkan pelayanan publik untuk mempermudah serta mempercepat pelayanan yang diberikan kepada masyarakat dan tentunya transparan serta gratis.

Sementara program yang berkaitan erat terhadap religi Kabupaten Lampung Barat memiliki program “Peningkatan Iman dan Takwa”, dalam program ini pemerintah memberikan apresiasi terhadap guru ngaji, imam masjid, dan marbot yang telah menanamkan nilai-nilai keagamaan baik kepada anak-anak didik maupun masyarakat secara umumnya berupa insentif serta hadiah umroh.

BACA JUGA:  Polres Lampung Barat Launching Kampung Tertib Lalu Lintas

Program yang terakhir yang dimiliki oleh Kabupaten Lampung Barat yaitu program yang memberikan perhatian khusus di bidang infrastruktur yaitu “Infrastruktur Mantap” program ini fokus terhadap pengerjaan dalam bentuk fisik dengan melakukan pembangunan jalan poros penghubung kecamatan, jalan kabupaten, jembatan, irigasi, sarana air bersih dan mengaliri listrik bagi desa yang belum teraliri.(adv/don)

  • Bagikan
banner 325x300