Pemprov Lampung Sabet Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2021

# Dilihat: 1.202 pengunjung
  • Bagikan

LAMPUNG- Sekretaris Daerah Fahrizal Dariminto menyerahkan Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2021 kepada Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP & PA) Se-Provinsi Lampung di Ruang Sakai Sambayan, Komplek Perkantoran Gubernur Lampung, Jumat (24/09/21)

Pemberian penghargaan tersebut berdasarkan surat Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Nomor 72/Men/D.KG/KG.05/9/2021 tanggal 21 September 2021, perihal pemberitahuan pemberian penghargaan APE Tahun 20201.

Kementeriaan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI telah menyelesaikan evaluasi pelaksanaan strategi pengarusutamaan gender (PUG) di Kementerian/Lembaga (K/L) dan pemerintah daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota, serta telah ditetapkan penerima Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2021.

Anugerah Parahita Ekapraya (APE) merupakan penghargaan yang diberikan kepada Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan gender dalam pelaksanaan strategi pengarusutaamaan gender (PUG).

Berikut adalah daftar penerima penghargaan APE 2021 :

APE Kategori Utama : Pemerintah Provinsi Lampung.

APE Kategori Madya :
1. Kabupaten Lampung Selatan
2. Kabupaten Lampung Tengah
3. Kabupaten Lampung Timur
4. Kota Bandar lampung
5. Kota Metro

APE Kategori PRATAMA :
1. Kabupaten Tulang Bawang
2. Kabupaten Way Kanan
3. Kabupaten Pringsewu
4. Kabupaten Tanggamus
5. Kabupaten Pesawaran
6. Kabupaten Lampung Barat
7. Kabupaten Mesuji
8. Kabupaten Lampung Utara
9. Kabupaten Pesisir Barat

Adapun Acara Puncak Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020 akan dilaksanakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI pada tanggal 13 Oktopber 2021 secara virtual (daring).

Dalam sambutannya Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto mengucapan terimakasih dan selamat kepada 14 Kabupaten/Kota yang telah mendapatkan penghargaan, kecuali Kabupaten Tulang Bawang Barat. “Saya ucapkan terimakasih dan selamat, ini sangat baik, meningkat drastis dari 6 Kabupaten/Kota yang mendapatkan APE pada tahun 2018 menjadi 14 (empat belas) Kabupaten/Kota pada Tahun 2021,” ucapnya.

BACA JUGA:  Usai Lebaran, Gubernur Lampung Tunjuk Kapolda Jadi Ketua Satgassus Pemeriksaan Covid-19

Menurut Fahrizal, peningkatan inimerupakan bukti nyata bahwa para Bupati dan Walkoya memiliki komitman yang kuat untuk melaksanakan PUG didaerah, meskipun masih banyak permasalahan yang harus diselesaikan dalam pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di Provinsi Lampung maupun di Kabupaten/Kota.

Sejalan dengan hal tersebut menurut Fahrizal Darminto, Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung telah menempatkan isu pemberdayaan perempuan menjadi salah satu isu sentral dalam visi dan misi nya pada periode 2019 — 2024, yakni dengan berkomitmen melaksanakan strategi mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender antara perempuan dan laki-laki didalam pembangunan, serta untuk meningkatkan kualitas sumber daya menusia melalui upaya perlindungan anak, pemberdayaan perempuan dan kaum difabel, sesuai dengan visi misi ketiga yaitu untuk mewujudkan Provinsi Lampung yaitu Rakyat Lampung Berjaya.

Oleh karena itu, lanjut fahrizal, Pemerintah Provinsi Lampung dari tahun ke tahun terus membenahi dan melaksanakan kebijakan pemerintah pusat sampai ketingkat kabupaten/kota, kecamatan bahkan sampai ketingkat desa dengan mewujudkan komitmen pelaksanaan pengarusutamaan gender tersebut.

“Melalui kesempatan ini saya mengharapkan kepada kita semua dengan diraihnya penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya tahun 2021 ini, agar bersama-sama mewujudkan dan meningkatkan pembangunan yang Responsif Gender di Provinsi Lampung maupun Kabupaten/Kota,” Pungkasnya. (kmf)

  • Bagikan
banner 325x300