Beranda Headline Natal dan Tahun Baru 2020, Pemerintah Tekan Harga Tiket Pesawat

Natal dan Tahun Baru 2020, Pemerintah Tekan Harga Tiket Pesawat

1235
0

Jakarta- Pemerintah bakal menekan harga tiket pesawat menjelang libur natal dan tahun baru 2020. Menhub Budi Karya Sumadi menyatakan, harga murah tiket pesawat bisa terjadi kalau harga jual avtur pertamina lebih murah.

Budi karya mengatakan, harga avtur di Jakarta lebih tinggi sekitar 25 persen dari harga yang dijual di Singapura.

Budi Karya menargetkan perbandingan harga di beberapa titik bisa turun di kisaran 15 persen hingga 20 persen.

“Kita tentukan 7 titik sebagai standar, katakanlah Bali, Kupang, Makassar, Jayapura dan Palembang. Itu harganya kita tetapkan sehingga tidak terlalu tinggi. Pesawat-pesawat bisa gunakan avtur yg ada di titik tersebut,” ujar Budi di Gedung DPR/MPR pada Senin (25/11/19).

Budi juga menyampaikan pihaknya akan mengadakan rapat dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Pertamina pada pekan ini untuk melakukan rebalancing harga avtur.

Tingginya harga avtur bahkan menyebabkan PT Lion Mentari Airlines atau Lion Air memutuskan untuk tidak menerbangkan rute di wilayah kepulauan Sulawesi.

“Kami tidak sanggup lagi baik itu dari sisi low factor yang memang belum sangat memuaskan. Kemudian ditambah lagi dengan tadi yang di bahas disini (Raker Komisi V DPR) mengenai tingginya harga avtur,” ujar Managing Director Lion Air Group Daniel Putut dalam Raker Komisi V DPR pada Senin (18/11/19) lalu.

Senada dengan Lion Air, PT Garuda Indonesia Tbk. juga menutup beberapa rute seperti Jambi, Batam dan beberapa di wilayah timur Indonesia.

“Kita mengalami kondisi yang cukup berat. Di satu sisi sebagai BUMN, bagaimana garuda bisa survive dalam kondisi yang demikian. Tapi di sisi lain memang kebutuhan untuk terbang di daerah-daerah remote ini menjadi penting juga,” ujar Direktur Operasi Garuda Bambang Adisurya Angkasa. (cni/dim)

Facebook Comments