Beranda Ekonomi Jelang Sensus Penduduk, BPS – Pemkab Lampung Barat Rapat Koordinasi

Jelang Sensus Penduduk, BPS – Pemkab Lampung Barat Rapat Koordinasi

1076
0

LAMPUNG BARAT- Badan Pusat Statistik (BPS) Lampung Barat menggelar Rapat Koordinasi Sensus Penduduk 2020. Acara yang dipimpin oleh Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus di Aula Kagungan Setdakab setempat, Senin (3/2/20).

Untuk diketahui, sensus bertujuan untuk menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi dan karakteristik penduduk Indonesia menuju satu data kependudukan Indonesia akan dilakukan dalam 2 sesi sensus. Untuk Sensus Online dilakukan mulai 15 Februari hingga 31 Maret, sedangkan untuk Sensus Wawancara dimulai dari 1-31 Juli 2020 mendatang.

Parosil mengatakan, terkait sensus penduduk yang akan dimulai untuk mendapatkan hasil yang baik dan akurat, Ia berpesan kepada Dinas/Badan terkait, untuk melakukan koordinasi dengan camat. Kemudian camat melakukan koordinasi ke tingkat pekon hingga pemangku pekon.

“Kita sangat membutuhkan sinergitas semua pihak, pasalnya begitu pentingnya sebuah data, terutama dalam upaya mewujudkan kabupaten Lampung Barat yang hebat dan sejahtera,” jelasnya.

Sementara, menurut Kepala BPS Lambar Amiruddin, sensus penduduk 2020 ini merupakan pendataan penduduk atau warga secara menyeluruh yang dilaksanakan setiap 10 tahun sekali dan diikuti oleh 54 Negara secara serentak.

“Sensus penduduk merupakan dasar perencanaan dan evaluasi pembangunan di berbagai bidang antara lain pendidikan, kesehatan, perumahan, tenaga kerja dan bidang lain,” terangnya.

Dilanjutkannya, manfaat lain dari sensus adalah untuk mengetahui kebutuhan infrastruktur yang ada di suatu wilayah, seperti jumlah dan fasilitas sekolah, jumlah dan fasilitas kesehatan.

“Selain itu juga, sensus bermanfaat untuk fasilitas komunikasi seperti jaringan telepon, internet yang memadai serta infrastruktur lainnya,” pungkasnya. (don/dit)

Facebook Comments