Beranda Ekonomi Jelang Lebaran 2020, KAI Bakal Operasikan 2 KA Motor Gratis Di Jalur...

Jelang Lebaran 2020, KAI Bakal Operasikan 2 KA Motor Gratis Di Jalur Selatan

1125
0

JAWA TENGAH- Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto Supriyanto nyatakan bahwa 2 kereta api angkutan motor gratis akan layani pemudik di libur lebaran 2020 mendatang.

“KA Motis ini merupakan program kerja sama antara Kementerian Perhubungan dan PT KAI (Persero) dalam rangka mengurangi kepadatan dan kecelakaan di jalan raya pada saat Angkutan Lebaran 2020,” ujarnya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Jumat (6/3/20), dilansir dari Antara.

Ia mengatakan rute yang dilalui dua KA Motis tersebut sama seperti saat Lebaran 2019, yakni KA Motis Lintas Selatan 1 relasi Jakarta Gudang-Cikarang-Cimahi-Kiaracondong-Sidareja-Kroya-Gombong-Kebumen-Kutoarjo, sedangkan KA Motis Lintas Selatan 2 relasi Jakarta Gudang-Cikarang-Cirebon Prujakan-Purwokerto-Kroya-Kutoarjo-Lempuyangan-Klaten-Purwosari-Madiun-Kertosono-Jombang-Mojokerto-Surabaya Pasarturi.

Selain itu, lanjutnya, Kemenhub bersama PT KAI (Persero) juga menyelenggarakan KA Motis Lintas Utara dengan relasi Jakarta Gudang-Cikarang-Cirebon Prujakan-Tegal-Pekalongan-Semarang Tawang-Ngrombo-Cepu-Bojonegoro-Babat-Surabaya Pasarturi.

“Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 16-22 Mei 2020 untuk arus mudik dan tanggal 27 Mei hingga 1 Juni 2020 untuk arus balik. Kapasitas sepeda motor yang dapat diangkut setiap harinya adalah 1.472 unit sepeda motor atau total 19.136 unit selama 13 hari pelaksanaan,” katanya.

Menurut dia, kapasitas tersebut naik 5,7 persen dari kegiatan KA Motis pada Lebaran 2019 yang sebanyak 18.096 unit.

Lebih lanjut, Supriyanto mengatakan PT KAI (Persero) menyediakan total 62.540 tempat duduk khusus bagi para pendaftar angkutan sepeda motor gratis yang tersebar pada 24 nama kereta api, 14 nama kereta api di antaranya melayani lintas selatan Jawa.

Dalam hal ini, Kahuripan relasi Kiaracondong-Blitar, KA Bengawan relasi Pasar Senen-Purwosari, KA Kutojaya Utara relasi Pasarsenen-Kutoarjo, KA Kutojaya Selatan relasi Kiaracondong-Kutoarjo, KA Serayu relasi Pasarsenen-Kiaracondong-Kroya-Purwokerto, KA Pasundan relasi Kiaracondong-Surabaya Gubeng, KA Gaya Baru Malam Selatan relasi Pasar Senen-Surabaya Gubeng.

Selain itu, KA Progo relasi Pasarsenen-Lempuyangan, KA Kutojaya Utara Tambahan Lebaran relasi Pasarsenen-Kutoarjo, KA Pasundan Lebaran relasi Kiaracondong-Surabaya Gubeng, KA Gajahwong relasi Pasarsenen-Lempuyangan, KA Singasari relasi Pasarsenen-Blitar, KA Logawa relasi Purwokerto-Jember, dan KA Jaka Tingkir relasi Pasarsenen-Purwosari.

“Pendaftaran peserta dapat dilakukan secara ‘online’ maupun ‘offline’. Pendaftaran secara ‘online’ dilakukan melalui situs mudikgratis.dephub.go.id yang telah dibuka sejak tanggal 26 Februari dan akan ditutup pada 14 Mei 2020 mendatang,” katanya.

Ia mengatakan pendaftaran secara “offline” dengan fasilitas pembelian tiket KA selama kuota masih tersedia dapat dilakukan di Stasiun Jakarta Gudang, Bekasi, Jatinegara, Kemayoran, Cikarang, Depok Baru, Tangerang, Cimahi, dan Kiaracondong yang telah dibuka sejak tanggal 26 Februari dan akan berakhir pada tanggal 28 April 2020, serta di Stasiun Semarang Tawang, Surabaya Pasarturi, Mojokerto, Madiun, Purwosari, dan Lempuyangan pada tanggal 16 Maret-28 April 2020.

Sementara untuk pendaftaran secara “offline” tanpa fasilitas tiket KA dapat dilakukan di Stasiun Jakarta Gudang, Bekasi, Jatinegara, Kemayoran, Cikarang, Tangerang, Cimahi, dan Kiaracondong pada tanggal 29 April-31 Mei 2020, serta di semua stasiun persinggahan KA Motis pada tanggal 16-31 Mei 2020.

“Syarat dan ketentuan terkait pendaftaran angkutan sepeda motor gratis ini selengkapnya dapat dibuka pada situs mudikgratis.dephub.go.id, atau menghubungi Contact Center Kemenhub di 151, atau instagram @ditjenperkeretaapian dan @motis2020,” paparnya. (ant/dim)

Facebook Comments