HUT OKU ke-112, PJ Bupati: Bangkit dan Bersatu dalam Berkarya!

# Dilihat: 1,765 pengunjung

OKU- Peringati Hari Ulang Tahun Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) ke – 112, DPRD setempat gelar rapat paripurna di Gedung Kesenian Baturaja, Jumat (29/07/2022).

Penjabat Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah mengatakan bahwa peringatan hari jadi Kabupaten OKU yang ke-112 tahun 2022 ini diharapkan dapat semakin memantapkan dalam penyelenggaraan fungsi pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan.

“Sesuai dengan tema yaitu bangkit dan bersatu dalam berkarya menuju masyarakat yang Bersih, Kreatif, Religius, Maju, dan Sejahtera,” ujar Teddy.

Ia mengatakan, selama kurun waktu satu tahun terakhir, Pemerintah Kabupaten OKU telah banyak meraih prestasi dan penghargaan baik tingkat provinsi maupun tingkat nasional.

Semua keberhasilan ini merupakan berkat kerjasama dan dukungan semua pihak terutama DPRD Kabupaten OKU dan segenap unsur forum koordinasi pimpinan daerah, seluruh tokoh masyarakat, serta atas arahan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan.

“Pada kesempatan yang baik ini, mewakili seluruh masyarakat Kabupaten OKU menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya, atas semua program percepatan pembangunan yang didukung Gubernur Sumsel H. Herman Deru selama tiga tahun terakhir untuk memajukan pembangunan di Kabupaten OKU, terutama perluasan dan peningkatan sarana dan prasarana infrastruktur, serta obyek infrastruktur strategis lainnya termasuk fasilitas publik,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, untuk mendukung program mandiri pangan yang dicanangkan oleh Gubernur Sumsel H. Herman Deru, Kabupaten OKU telah mempercepat beberapa program dan kegiatan penguatan sektor pertanian dan ketahanan pangan bekerjasama dengan Kodim 0403 OKU dan Polres OKU dengan menata beberapa sentra produksi tanaman jagung.

Teddy menambahkan, pihaknya mengharapkan dukungan dan bantuan Gubenur Sumsel H. Herman Deru, guna mensinergikan visi pembangunan Provinsi Sumatera Selatan dengan visi pembangunan Kabupaten OKU.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru mengatakan, ulang tahun ke-112 kabupaten OKU telah menampakkan kebangkitannya sesuai dengan tagline ulang tahun, yakni OKU Bangkit.

“Kita semua, bukan hanya Kabupaten OKU tetapi hampir seluruh wilayah bahkan secara internasional baru saja mengalami keterpurukan, kontraksi ekonomi yang luar biasa disebabkan pandemi Covid-19. Kalau kita bicara tentang bangkit, bangkit ini tentu dalam berbagai aspek. Bangkit dalam perekonomian yaitu kita harus mempunyai modal kuat, yaitu modal stabilitas politik. Di saat-saat begini ada beberapa negara yang terus menghadapi krisis ekonomi dengan kondisi stabilitas politik yang tidak terjaga sehingga semakin terpuruk,” paparnya.

Yang kedua, kata dia, stabilitas keamanan yang sangat komprehensif semua pihak mempunyai tanggungjawab terhadap kestabilan keamanan di wilayah masing-masing.

Untuk itu, Herman Deru berharap kepada Bupati OKU untuk terus meningkatkan peran Forkopimda dan FKUB.

Dikatakannya, saat keterpurukan ekonomi dengan kontraksi hebat sehingga mengakibatkan banyak hal mengalami stagnasi, namun nyatanya, sesuai Laporan dari BPS kuartal I tahun 2022 terjadi penurunan angka kemiskinan yang signifikan di Sumatera Selatan, yaitu pada angka 11, sebelumnya berada pada angka 13.

“Ini merupakan modal kita salah satunya adalah Program Sumsel Mandiri Pangan,” ucapnya.

Heeman Deru melihat bahwa di Kabupaten OKU, gerakan Sumsel Mandiri Pangan ini sudah mulai digencarkan terutama penyediaan bibit, bimbingan, ditambah lagi sebanyak 1400 orang PPL yang digagas Provinsi Sumsel.

Untuk itu, ia berharap Bupati, Ketua DPRD, Forkopimda dan stakeholder pemerintahan di Kabupaten OKU bisa jadikan momen ulang tahun ke-112 ini sebagai momentum untuk introspeksi diri.

“Kinerja yang sudah baik, sinergitas terjaga, Forkopimda, masyarakat harus kita bangun, Pemerintah Provinsi Sumsel akan terus memberikan support kepada Kabupaten OKU untuk maju sebagai salah satu tujuh dari daerah otonomi,” ujarnya.

Herman Deru juga berpesan kepada Bupati, DPRD dan Forkopimda untuk tetap terus memperhatikan karateristik dan kerarifan lokal masyarakat agar tetap terpelihara ditengah masyarakat OKU yang majemuk.

Diketahui, dalam sidang kali ini, turut hadir, Forkopimda OKU, Kejati umsel, Para Bupati/Walikota/Mewakili se-Sumsel, Anggota DPRD OKU, Sekda OKU, Para Asisten Setda OKU, Para Staf Ahli Bupati, Seluruh Kepala OPD, Para Kabag Setda/Setwan, Seluruh Camat, Lurah dan Kades se-Kabupaten OKU, Ketua TP. PKK OKU, Ketua Ikatri, Ketua Kartika Candra Kirana, Ketua Bhayangkari, Ketua Dharma Yukti Karini, Ketua DWP OKU, Ketua GOW, Pimpinan BUMN/BUMD, Perbankan, Pimpinan Ormas dan Orsospol, Tokoh Agama juga Tokoh Masyarakat. (Advertorial / Amrul )

banner 325x300