Gubernur Lampung Jadi Inspektur Upacara Peringatan HUT RI Ke-76

# Dilihat: 1.226 pengunjung
  • Bagikan

LAMPUNG- Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menjadi Inspektur Upacara Bendera Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-76 Republik Indonesia di Lapangan Korpri halaman Kantor Gubernur Lampung, Teluk Betung Selatan, Bandar Lampung, Senin (17/08/21)

Pada kesempatan tersebut, meski Upacara digelar dengan jumlah peserta terbatas dan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, upacara tetap berjalan dengan khidmat dan lancar.

Hal tersebut sesuai dengan Surat Kementrian Sekretariat Negara Republik Indonesia Nomor B-564/M/S/TU.00.04/07/2021 tertanggal 28 Juli 2021 tentang Pedoman Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), dimana dalam pedoman tersebut ditekankan bahwa upacara haruslah dilaksanakan secara sederhana, khidmat, minimalis, dan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19

Sesuai surat tersebut, komposisi petugas upacara peringatan HUT Ke-76 RI Provinsi Lampung terdiri dari Komandan Upacara sebanyak 1 orang, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dengan formasi pasukan 17-8-45, Pasukan upacara sebanyak 30 orang berasal dari TNI/Polri dan Satuan Pol PP, Korps musik sebanyak 24 orang, dan MC 2 orang. Adapun Komandan upacara yang bertugas memimpin upacara hari ini adalah Letkol Inf Triano Iqbal S.I.P., M.Si.

Sementara, Petugas Pengibar Bendera Pusaka pada Upacara HUT Ke-76 RI di Provinsi Lampung yakni, Pembawa Baki Nurina Shiba dari SMAN 3 Bandar Lampung, Pembentang Mojes Wijaya dari Man 1 Lampung Barat, Penggerek Adi Pratama dari SMK 4 Bandar Lampung.

Kemudian, Petugas Paskibraka yang menurunkan Bendera Pusaka yakni, Pembawa Baki Zahwa Rahmalia dari SMAN 1 Kalianda, Lampung Selatan, Pembentang Beckham Christoper Lubis dari SMAN 1 Kota Metro, dan Penggerek Dimas Saputra dari SMAN 1 Talang Padang, Tanggamus.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi bertindak sebagai Inspektur Upacara, dalam amanatnya menyatakan bahwa perayaan peringatan kemerdekaan RI tahun 2021 terasa berbeda, hal tersebut dikarenakan Provinsi Lampung masih berjuang melawan pandemi Covid-19.

BACA JUGA:  Pengrajin Binaan Dekranasda Lampung Produksi Masker Industri Rumah Tangga

Namun, meskipun bencana ini membuat berbagai aktifitas nyaris berhenti, baik dibidang perekonomian maupun kehidupan bermasyarakat. Gubernur Arinal Djunaidi mengajak semua masyarakat untuk tidak berkecil hati dan patah semangat.

“Sebagaimana disampaikan Presiden Joko Widodo dalam Sidang Tahunan MPR 2021, Pandemi ini seperti kawah Candradimuka yang merupakan tantangan sekaligus mengasah dan menguji kebersamaan kita. Itulah proses untuk bangsa yang tahan banting dan kokoh dalam setiap pertandingan,” Ucap Gubernur

“Oleh sebab itu kita perlu beradaptasi terhadap kebiasaan baru saat ini yang telah merubah cara-cara kehidupan bangsa untuk semakin kreatif dan inovatif menghadapi Revolusi Industri 4.0,” lanjutnya.

Selain itu, menurut Gubernur, jajaran Pemerintah harus menjadi responsif dan konsolidatif selama pandemi. Birokrasi pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota hingga desa bergerak terpadu dalam penanganan Covid-19, “Saya meyakini, dengan sikap responsif itu dan terus bersinergi akan memperkokoh ketahanan bangsa kita, khususnya di Provinsi Lampung Sai Bumi Rua Jurai tercinta,” katanya.

Sebagaimana disampaikan Presiden Joko Widodo, Gubernur Arinal menyatakan bahwa pembangunan infrastruktur terus dilanjutkan untuk menyatukan bangsa sekaligus mempermudah akses perekonomian.

“Meskipun pandemi telah menghambat pertumbuhan ekonomi tapi pemerintah akan tetap fokus pada perekonomian masyarakat dan investasi. Saat ini Realisasi investasi sekitar Rp 442 triliun, dimana 51 persen ada di Pulau Jawa yang telah menyerap 600 ribuan tenaga kerja. Kolaborasi dalam dunia usaha akan membangun usaha yang berbasis teknologi,” papar Gubernur.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Arinal juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para dokter dan perawat, serta seluruh petugas di Rumah Sakit, di laboratorium, di klinik-klinik kesehatan, dan di rumah isolasi, kepada tokoh masyarakat, para relawan, awak media, aparat TNI dan Polri, para ASN serta seluruh masyarakat Lampung yang turut berpartisipasi membangun Lampung di berbagai bidang.

BACA JUGA:  Disdik Sumatera Selatan Survey Lahan Calon Gedung SMKN 5 OKU

“Semoga peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-76, dijadikan sebagai titik awal bagi kita semua dalam meningkatkan kinerja, guna melanjutkan cita-cita perjuangan para pahlawan kita yang telah gugur. Dari Lampung untuk Indonesia, demi terwujudnya Indonesia Tangguh, Indonesia Maju Lampung Berjaya,” pungkasnya. (kmf)

  • Bagikan
banner 325x300