Beranda Headline Gubernur Kaltim Usul Luas Lahan Ibukota Baru Diperluas

Gubernur Kaltim Usul Luas Lahan Ibukota Baru Diperluas

1957
0

Kaltim- Luas lahan lokasi ibukota baru di kalimantan Timur diusulkan untuk bertambah. Gubernur Kaltim, Isran Noor usulkan penambahan luas lahan dari 180 hektare menjadi 400 ribu hektare

Isran mengatakan, penambahan lahan diambil dari kawasan hutan dan lahan konservasi seperti Taman Hutan Raya Bukit Soeharto.

Sebab, menurutnya dengan memasukkan kawasan hutan lindung itu sebagai wilayah ibukota membuat hutan akan lebih terpelihara. Selain itu, ibukota juga lebih sehat karena dikelilingi hutan.

“Agar bernuansa green, modern, metropolis dan keberlanjutan dalam kelestarian lingkungan,” jelas Gubernur saat menjadi narasumber pada Sarasehan Udara “Ibu Kota Baru Indonesia, Ibu Kota Kita Bersama” di Balikpapan, Rabu (4/12/12) lalu.

Tambahan lahan hingga 220 ribu hektare itu dimungkinkan karena kawasan hutan lindung di kawasan Sepaku dan Samboja luasan lahan adalah tanah negara.

Selanjutnya, Isran Noor menambahkan infrastruktur penunjang pun sudah siap dan sudah dibangun. Sudah ada bandara dan pelabuhan, kemudian jalan tol sedang dibangun dan akan segera selesai. (cni/bom)

Facebook Comments