Beranda Headline Duh, 1 Lagi Warga Way Kanan Positif Terjangkit Covid-19

Duh, 1 Lagi Warga Way Kanan Positif Terjangkit Covid-19

2461
0

Waykanan- Warga kabupaten Way Kanan, Lampung yang positif terpapar virus corona (covid-19) bertambah.

Hari ini (28/4/20), JM yang merupakan salah satunwarga Rebangtangkas langsung diisolasi di RS Bandar Negara Husada, Bandar Lampung.

Kepala Dinas Kesehatan, Anang Risgiyanto membenarkan, Jm dibawa ke RS Bandar Negara Husada (RSBNH) Bandar Lampung untuk menjalani karantina, sampai dengan dinyatakan sembuh dari Covid-19, dengan menerapkan PHBS dan physical distancing.

“Hari ini (28/04/2020) tadi sudah dibawa ke BNH dari rumahnya. Selanjutnya akan terus dilakukan pemantauan kesehatannya termasuk kebutuhan harian seperti makan, minum sehingga yang bersangkutan benar-benar bisa terkontrol kondisi kesehatannya,” katanya.

Menurutnya, Jm merupakan salah satu rekan PS, Warga Baradatu, Waykanan yang sebelumnya juga dinyatakan Positif corona dan juga sudah dikarantina di BNH.

Keduanya merupakan jemaah Ijtima Dunia Zona Asia 2020 di Gowa Sulawesi.

“JMpulang ke Rebang Tangkas pada Tanggal 22 Maret 2020, hari minggu, bersama dua rekannya Bn dan Dn dari Gowa Sulawesi setelah menghadiri kegiatan Ijtima Dunia Zona Asia 2020,di Gowa Sulawesi. Dan langsung diadakan pemeriksaan oleh petugas kesehatan setempat,” kata Anang.

Ketiga Warga Rebangtangkas itu menjalani isolasi mandiri dirumah kediaman masing-masing selama 14 hari, dan diberikan edukasi tentang PHBS .

Ia mengatakann, dengan hasil pemeriksaan sehat, tidak ada keluhan. Pada Kamis (16/04/2020), Kemudian JM diperiksa lewat mekanisme rapid test pertama oleh Tim Pemeriksa dari Dinas Kesehatan Kabupaten Waykanan dengan hasil non reaktif.

Setelah dilakukan rapid test pertama dan akan dilanjutkan dengan Rapid Test kedua 7 hari berikutnya.

“Pada Tanggal 22 April 2020, JM kembali dilakukan pemeriksaan Rapid Test kedua oleh Tim Pemeriksa dari Dinas Kesehatan Kabupaten Waykanan dengan hasil reaktif,” ungkapnya.

Kemudian untuk memastikan status JM, dilakukan tes swab selama 2 hari berturut-turut dan sampel dikirim ke Dinas Kesehatan Propinsi Lampung kemudian dikirim ke BBLK Palembang untuk dilakukan pemeriksaan.

Kemudian, pada Senin (27/04/2020), Dinas Kesehatan Provinsi Lampung mengeluarkan hasil swab dab terkonfirmasi positif covid-19. (gun/dit)

Facebook Comments