Beranda Lampung Waykanan Asisten I Way Kanan Buka Rapat Pembentukan Koalisi Kependudukan

Asisten I Way Kanan Buka Rapat Pembentukan Koalisi Kependudukan

843
0

Way Kanan- Asisten I Pemkab Way Kanan, Selan, buka rapat pembentukan Koalisi Kependudukan dan Forum Antar Umat Beragama Peduli Keluarga Sejahtera. Acara berlangsung di Aula PKK setempat (11/12/19).

Dalam sambutannya, Selan mengatakan, bahwa dibentuknya Koalisi Kependudukan dan Forum Antar Umat Beragama Peduli Keluarga Sejahtera dan Kependudukan, merupakan salah satu langkah dalam upaya menciptakan kesejahteraan keluarga.

Menurutnya, pembentukan forum ini, merupakan permintaan dari pemerintah untuk mendukung program KKBK, yakni Kependudukan keluarga berencana pembangunan keluarga, untuk di Pemkab kepemdudukan itu ada tiga, yaitu, BPS, Diadukcapil, dan KB.

Walaupun sama-sama kependudukan, nanti ada perbedaannya, yakni, untuk KB adalah pembinaan pengembangan keluarga sendiri, kalau di Dukcapil, sifatnya pendataan.

Dalam hal ini perintah telah mengeluarkan UU no. 52 tahun 2009, tentang perkembangan keluarga dan pembangunan keluarga, yang menyatakan bahwa dalam mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan keluarga berkualitas, dilakukan beberapa upaya yaitu, pengendalian angka kelahiran, penurunan angka kematian, dan pengarahan penduduk.

“Pengembangan kualitas penduduk dalam dimensinya, peningkatan ketahanan dan kesejahteraan keluarga, dilakukan yakni penyiapan perkawinan, kematian dan kelahiran,” kata Selan.

Sementara itu sekretaris P3AKB Andi Oktaviandii menjelaskan bahwa, Koalisi kependudukan memiliki peran khusus atau melakukan Kominikasi, Informasi dan Edukatif ( KIE) mengenai kependudukan.

” Jadi KEI yang akan dibentuk bisa menjadi pusat kajian informasi, khususnya dibidang keluarga berencana, dan mampu mengembangkan pendidikan secara berkelanjutan, dan akan dilantik oleh Provinsi Lampung,” kata Andi Oktaviandi

Ruang lingkupnya tambah Andi, mampu menciptakan kesamaan Visi dan Misi mitra kerja, sebagai mitra kerja akan menyusun dan menyepakati KEI, membangun kemitraan dan pendidikan bagi masyarakat. (gun/dit)

Facebook Comments