Arinal Terima Audiensi Dirut PT Semen Baturaja

# Dilihat: 1.167 pengunjung

LAMPUNG – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menerima kunjungan Direktur Utama (Dirut) PT Semen Baturaja Tbk, Daconi, di Mahan Agung, Senin (11/4).

Hadir dalam kegiatan tersebut Plt. Kepala Dinas ESDM, Karo Perekonomian, Jajaran Direksi PT Semen Baturaja diantaranya Direktur Produksi dan Pengembangan Suherman Yahya, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Tubagus Muhammad Dharury, Direktur Umum dan SDM Gatot Mardiana, Direktur Pemasaran Mukhamad Saifudin. Hadir juga Kepala Pemasaran Semen Baturaja Lampung dan Perwakilan PT Wahana Raharja.

Dalam audiensi, Gubernur Arinal Djunaidi memaparkan sejumlah program yang sedang dan akan digencarkan oleh Pemerintah Provinsi Lampung di berbagai sektor. Salah satu sektor diantaranya ialah sektor infrastruktur.

Di sektor infrastruktur, Gubernur Arinal menjelaskan bahwa saat ini dirinya fokus dalam perbaikan sejumlah jalan provinsi, pembangunan Lampung Sport Center, pembangunan Bakauheni Harbour City, serta pembangunan Kawasan Industri yang sudah masuk RPJMN.

Oleh karenanya, Gubernur Arinal meminta dukungan dan peranan PT Semen Baturaja dalam pembangunan di Provinsi Lampung. Gubernur meminta agar PT Semen Baturaja mengembangkan kegiatannya dengan membangun Pabrik Semen Baturaja di Provinsi Lampung.

“Bila memenuhi syarat dan menguntungkan Baturaja setelah melalui berbagai kajian. Bukan untuk memindahkan pabrik baturaja, tapi mengembangkan baturaja di Lampung,” ujar Gubernur.

Gubernur juga menjelaskan bahwa selain berguna untuk menekan biaya produksi, dengan dibangunnya pabrik Semen Baturaja juga akan makin mendekatkan Semen Baturaja kepada pasar di Provinsi Lampung mengingat 31% konsumen Semen Baturaja berada di Provinsi Lampung.

Masih kata Gubernur, selain itu juga tidak menutup kemungkinan, Semen Baturaja di masa depan bisa memenuhi kebutuhan semen di Provinsi Banten, DKI dan Kalimantan.

Sementara itu, Direktur Utama PT Semen Baturaja, Daconi, menjelaskan bahwa kedatangannya dalam audiensi kali ini, selain untuk mengkaji berbagai kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Lampung di masa mendatang juga sekaligus sebagai silaturahmi karena dirinya beserta jajaran direksi baru saja diangkat pada tanggal 25 Maret yang lalu.

Menanggapi permintaan Gubernur Arinal terkait pengembangan Semen Baturaja dengan membangun Pabrik di Lampung, Dirut Semen Baturaja Daconi menyebutkan bahwa syarat pembangunan pabrik tersebut adalah bila kawasan yang akan dibangun pabrik memiliki cadangan sumber daya alam berupa batu kapur dengan kapasitas 300 Juta Ton.

Dengan kebutuhan Lampung akan semen sebanyak 2 juta ton per tahunnya, Dirut Semen Baturaja mengatakan bahwa Lampung sangat ideal untuk pembangunan pabrik semen karena akan semakin mendekatkan Semen Baturaja kepada pasar atau konsumen.

Selain itu, Lampung juga memiliki sarana infrastruktur berupa pelabuhan yang imbasnya akan memotong biaya. Dirut Semen Baturaja mengatakan akan mengkaji lebih lanjut usulan tersebut. (kmf)

banner 325x300